Rabu, 17 September 2014

IHT PENILAIAN KANWIL DJKN JAWA BARAT


Bandung – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Barat, 10-12 September 2014 mengadakan In House Training(IHT) penilaian. Para Penilai yang berada di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat mengikuti IHT tersebut. Acara yang dibuka oleh Kepala Kanwil Jabar, Sapto Mintarto tersebut berlangsung di Ruang Sidang Gedung Keuangan Negara Bandung, Jalan Asia-Afrika No. 114 Bandung .Dalam sambutannya Sapto menyampaikan, “IHT Penilaian ini merupakan program pembinaan yang dilakukan oleh Kanwil kepada para Penilai di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat,  diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para penilai dan dijadikan sarana bagi para penilai untuk menimba wawasan khususnya dalam teori dan praktek penilaian serta bagaimana cara membuat laporan penilaian yang baik dan benar,” ujarnya. 
 



 



 

Bapak yang selalu berpenampilan rapih ini juga mengharapkan acara IHT jika dianggap perlu dapat dilakukan setiap tiga bulan sekali, mengingat peran penilai saat ini sangat strategis, terbukti dari semakin banyaknya Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD dan Stake Holder yang meminta bantuan penilai DJKN untuk menilai aset miliknya. Program pembinaan dan peningkatan kompetensi Penilai DJKN di tingkat wilayah merupakan kegiatan yang terintegrasi dengan program pembinaan Penilai DJKN secara menyeluruh. Demi terciptanya kesegaraman pelaksanaan pembinaan dan peningkatan kompetensi penilai di masing-masing kantor wilayah, Kantor Pusat menerbitkan pedoman yang dijadikan panduan bagi kantor wilayah dalam menyusun program pembinaan dan peningkatan kompetensi penilai.
Tatang Ruhiyat, Kepala Bidang Penilaian Kanwil DJKN Jawa Barat dalam pengarahannya menyampaikan, “Metode-metode pembinanaan yang sudah harus dijalankan oleh Kanwil maupun KPKNL saat ini adalah IHT, diskusi berkala masalah penilaian yang dilakukan setiap bulan, pemaparan Tim Penilai di depan peer sebelum Tim Penilai menandatangani Laporan Penilaian, dan pengiriman Penilai  mengikuti Diklat/Workshop sesuai pemanggilan.” Pria yang menggemari olah raga bulutangkis dan menyanyi ini berharap, “Para Penilai dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan pada acara ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah ilmu dan wawasan tentang penilaian, sehingga kualitas dan kompetensi para Penilai Kanwil DJKN Jawa Barat khususnya di masa yang akan datang semakin meningkat.”
Acara yang berlangsung tiga hari ini dimulai dengan pretest yang diikuti seluruh peserta acara. Selanjutnya pemaparan materi terkait dengan penilaian yaitu Teori dan Dasar-dasar Penilaian, Pendekatan Data Pasar, Pendekatan Pendapatan, dan Penyusunan Laporan Penilaian yang masing-masing dibawakan secara bergantian oleh Agus Susanto (Kasi. Penilaian I Kanwil DJKN Jawa Barat), Mazuandi (Kasi. Penilaian II Kanwil DJKN Jawa Barat), Renie Kameswara (Kasi. Penilaian KPKNL Bandung), dan Kunarso (Kepala Seksi Penilaian KPKNL Bogor). Pada hari terakhir, setelah penyampaian materi selesai, peserta IHT mengikuti post test yang disaksikan langsung oleh Kepala Bidang Penilaian. Tatang menutup acara IHT dan berpesan, “Penilai pada Kanwil DJKN Jawa Barat agar selalu meningkatkan kualitas dan kompetensi penilainya demi terwujudnya kualitas penilaian yang baik dan benar,” ujarnya. (Yuantha A/KIHI Jabar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar