KPKNL
Purwakarta, pada tahun 2013 berdasarkan surat Kepala Kanwil VIII DJKN Bandung
No. S-284/WKN.08/2013 tanggal 20 februari 2013 diusulkan sebagai peserta
seleksi Penilaian Kantor percontohan (KPPc) di lingkungkan DJKN. Usulan ini
didasarkan pada kriteria SDM yang baik, sarana dan prasarana yang memadai serta
kinerja yang baik.
Berbagai
persiapan telah dimulai dengan mempercantik sarana kantor berupa renovasi front
office dan penataan ruang kantor. Hal ini juga telah dilakukan peninjauan oleh
Kepala Kanwil VIII DJKN Bandung M. Djalalain pada tanggal 26 Maret 2013 ke
berbagai sarana dan prasarana kantor serta memberikan briefing kepada seluruh
pegawai KPKNL Purwakarta.
Mengawali sambutannya
beliau menyampaikan bahwa baru saja ditandatangani Kontrak Kinerja Kemenkeu Two, dan dalam waktu yang tidak terlalu
lama akan tandatangani Kontrak Kinerja Kemenkeu Three dan Kemenkeu Four yaitu paling lambat tanggal
28 Maret 2013.
Sebagai calon peserta
Kantor Percontohan dan menjadi kantor teladan mempunyai beberapa konsekuensi
dan ciri, antara lain:
1.
Mempunyai front office yang memadai sebagai kantor
pelayanan;
2.
Adanya pengawasan terhadap layanan unggulan;
3.
Pelayanan harus lebih baik.
Pelayanan merupakan
garda terdepan dalam suatu kantor, sehingga SDM yang handal dan kompeten
merupakan ujung tombak pelayanan harus selalu ditingkatkan kompetensinya serta
dilakukan pembinaan. Selain itu disampaikan bahwa pelayanan merupakan tanggung
jawab bersama sehingga apabila terdapat sedikit kejelekan dalam pelayanan maka
akan berpengaruh negative terhadap kinerja kantor.
Salah satu tugas
Kanwil adalah memberikan pembinaan, baik dibidang lelang, piutang Negara,
Pengelolaan BMN, bidang penilaian atau bidang yang lainnya sehingga diharapkan
para pejabat dan pegawai dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para
stakeholder.
Dalam berbagai
kegiatan di Kementerian Keuangan, para pimpinan selalu menekankan lagi
nilai-nilai Kementerian Keuangan. Ini penting disampaikan bahwa di unit
terkecilpun, pimpinan harus selalu memberikan pembinaan dan yang tidak kalah
penting adalah memberikan teladan bagi pegawai yang berada di wilayahnya.
Diharapkan
seluruh pegawai Kementerian Keuangan dapat memahami, menanamkan dan melaksanakan
nilia-nilai Kemanterian Keuangan secara baik dan benar, karena konseksuensinya
pada zaman informasi ini adalah jika terjadi masalah sedikit saja akan menjadi
sorotan masyarakat.
Diakhir
sambutannya Kepala Kanwil, M Djalalain menyampaikan agar persiapan untuk
mencapai kantor percontohan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan dapat
memenangkan lomba kantor percontohan tingkat Kementerian Keuangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar